A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/musiclis/public_html/system/core/Exceptions.php:185)

Filename: libraries/Session.php

Line Number: 672

Music List
Kisah perjalanan Pink Floyd

Pink Floyd merupakan band progressive rock asal Inggris yang terkenal karena lirik yang filosofis dengan sampul-sampul albumnya yang indah dan konser-konsernya yang megah. Pink Floyd merupakan salah satu kelompok musik tersukses secara komersil dengan jumlah penjualan album di seluruh dunia.
pink floyd dibentuk di Chainbridge sedangkan nama grup pink floyd di ambil dari nama dua musisi blues pink anderson dan floyd council.pink floyd awalnya terdiri dari bob klose (gitar), syd barett (vikalis, gitar), richard wright (keyboards), roger waters ( bass) dan nick masson (drums). mereka sempat membawakan lagu - lagu cover rhytm dan blues seperti "louie". barret kemudian menulis lagu yang terinspirasi dari pengaruh budaya surving amerika, rock psychedelic, humorliteratur dan literatur inggris.
bob klose merasa kurang cocok sengan arah ini dan meninggalkan band. dengan 4 orang personil yang tersisa, pink ployd cukup stabildan membentuk blackhill enterprises. sebuah kerja sama bisnis antara pink floyd dengan petter janner dan andrew king.
pada agustus 1967, pink floyd merilis album pertama the piper at the gates of dawn. album ini di anggap salah satu contoh music psyhedelic terbaik dari inggris. album ini berisi campuran dari beberapa music, seperti lagu berbentuk bebas avant garde, sampai lagu yang bernuansa melankolis(yang terinspirasi dari daerah pedesaan fendlans di dekat kota kelahiran barrett, cambridge). album ini terjual laris dan mencapai peringkat ke enam di inggris.

era david gilmour

pada bulan januari 1968, david gilmour bergabung untuk menggantikan barret, hal itu dikarenakan kondisi kejiwaannya yang tidak stabil dan telah memburuk selama beberapa bulan.pada awalnya mereka berharap jika barrett akan sembuh dan kembali memimpin band, tapi karena penggunaan LSD ia semakin tak terkendalikarena efeknya sering melihat awang awang pada saat konser, hal tersebut dikatakan merusak penampilan konser sampai akhirnya mereka tidak mengajak barrett dalam panggung.setelah barret resmi keluar pada april 1968, jenner dan king memutuskan untuk bertahan bersama dengannya dan blackhill enterprises pun di bubarkan.
walaupun sebagian besar lagu di tulis oleh barrett pada album pertama, tapi pada album a saucerful of secrets (juni 1968) ia hanya menulis satu lagu "jugband blues". album ini meraih tangga ke-9 di inggris, setelah soundtrack film more, album selanjutnya adalah album ganda ummagumma yang sebagian besar direkam di club rock mothers di birmingham dan sebagian lagi di manchester. dalam album ini masing masing personil merekam proyek solo untuk satu sisi piringan hitam ( istri mason mengisi secara anonom sebagai pemain suling, 



kemudian di tambah beberapa track rekaman konser. album yang dirilis di tahun 1969 album ini yang paling berhasil pada saat itu, dengan menempati tangga ke 5 di inggris dan 70 di amerika. pada 1970 album heart mother akhirnya menduduki puncak tangga di inggris, walaupun gilmour sendiri menyebut album ini sebagai suatu band yang "menabrak-nabrak dalam kegelapan". meski demikian, pada album inilah arah band pink floyd mulai terdengar,seperti misalnya lagu "atom heart mother suite" yang panjangnya 23 menit dengan pengaruh musik simfoni, dibantu oleh orkestrasi rongeesin.

gaya ini semakin fokus dalam album meddle (1971), dengan epik "echoes" yang berdurasi 23 menit. dalam lagu ini mereka menggunakan synthisizer VCs3 dari zinovieff untuk pertama kali, selain juga theremin untuk bagian tengahnya yang bernuansa luar angkasa. Dalam album ini terdapat lagu "one of these days" yang populer untuk konser konser( lagu ini hanya memiliki satu lirik yang dinyanyikan berulang ulang dengan suara distorsi. "one of these days, i'm going to cut you into little pieces" yang ditulis oleh. Nick Mason dan kemudian beralih ke lagu tema seri televisi doctor dan lagu pop-jazz "san tropez". unsur eksperimentasi pink floyd juga terdengar di "seamus". 
lagu blues yang di isi oleh suara lolongan anjing russian wolfhound. dan pada saat itu ,ulai terlihat jika pemain bass roger waters mulai mengambil alih kepemimpinan band dalam musil dan lirik. misalnya dalam menulis lagu "san tropez" dalam bentuk sudah hampir jadi dan kontribusi personil lainnya menjadi sedikit. pink floyd mencapai peringkat 3 di inggris untuk meddle. Pada tahun 1972 mereka merilis obsucred by clouds sebagai soundtrack flm la valle dan masuk tangga us top 50 dan tangga ke enam di inggris. 


meledak dengan dark side of the moon
pada tahun 1973 pink floyd merilis album dakside of the moon. mengandung hit top20 di amerika money dan album tersebut menduduki puncak charts dan bertahan di us top 200 selama 741 minggu, album ini memecahkan banyak rekor dan membuatnya menjadi salah satu album paling laris didunia
konsep album dark side of the moon sendiri menjelaskan tentang tentang tekanan dalam kehidupan modern. hal inilah yang memacu para personil pink floyd  menulis lagu lagu untuk album ini. seperti lagu "on the run" adalah tentang bepergian keseluruh dunia, "time" menenai masa lalu, "the great big in the sky" mengenai kematian dan agama, "money"  mengenai keuangan yang didapat dari ketenaran.

pada bulan januari 1977, pink floyd merilis album animals. dan pada saat itu mereka di kecam oleh kalangan punk rock yang mulai bangkit sebagai musisi yang arogan dan telah melenceng dari semangat rock and roll. animals mengandung lagu lagu yang di ilhami dari buku animal farm karya george orwell, 
contohnya "pigs on the wing", "dogs" dan "sheep". animals memiliki lebih banyak suara gitar dibandingkan album sebelumnya. dan disini mulai adanya perpecahan antara rick wright dengan roger waters karena tidak menyumbangkan satu lagu dalam album ini.

album opera rock the wall di rilis pada tahun 1979, yang ditulis oleh waters, pada album ini waters mencoba melambungkan kembali nama pink folyd dan memberi satu lagu hit " another black in the wall, part II" yang liriknya mengkritik sistem pendidikan.
selain itu album ini menempati tangga ke 3 di inggris  dan menduduki puncak tangga lagu di amerika selama 15 minggu. lagu "comfortably numb", walaupun tidak pernah dirilis sebagai single, tetapi sering diputar di radio dan merupakan salah satu lagu pink floyd yang paling terkenal.

tur untuk mendukung album ini menjadi sangat mahal sehingga mereka nyari rugi jika tidak di tolong penjualan album. pada saat itu waters semakin mendominasi band, dan menyebabkan konflik dengan personil lainnya yang puncaknya wright di pecat dari pink floyd. ironisnya, 
wright adalah satu satunya personil yang meraih keuntungan financial dari tur the wall, karena personil yang lainnya harus menutup kerugian biaya yang membengkak.

the wall bertahan di daftar album terlaris selama 14 tahun. dan sebuah film berjuul pink floyd the wall dibuat pada tahun 1982. film ini dibintangi oleh bob geldof, penyanyi boomtown rats, ditulis oleh waters dan disutradari oleh alan parker, film ini juga diisi
animasi oleh kartunis inggris gerald scarfe. film ini semakin memperburuk hubungan waters dengan gilmour karena waters semakin merajai band. 

tahun 1983 pink floyd kembali merilis album the final cut. tema album ini lebih kelam dari the wall dan kembali mengenai tema album itu dan tema tema aktual, misalnya ketidaksetujuan waters akan keterlibatan inggris dalam perang falklands. 
dalam album ini wright tidak terlibat sama sekali dan baik michael kamen dan andy bown hanya menyumbangkan sedikit suara keyboards. selain itu raphael ravenscroft juga bermain saxophone.

walaupun di rilis sebagai album pink floyd, dalam covernya ditulis" A requiem for the post war dream by roger waters, perfomed by pink floyd", suatu tanda bahwa sekarang waters telah mendominasi total. untuk pink floyd album ini tidak terlalu sukses, 
karena hanya menghasilkan satu hit radio "not now john". sedemikian parahnya perpecahan antara waters dengan gilmour sehingga mereka nyaris tidak pernah di studio pada waktu bersamaan untuk merekam album ini. 
mereka tidak pergi untuk tur dan secara resmi tidak bubar pada tahun 1983 

tanpa rogers waters

setelah album the final cut, para personil mengeluarkan album solo sendiri sendiri-sendiri sampai 1987, ketika gilmour dan mason membangkitkan kembali band ini. roger waters menuntut mereka mereka di pengadilan karena ia merasa mereka tidak berhak merilis album dengan nama band pink floyd,
tetapi gilmour dan mason memenangkan perkara ini. meskipun demikian hak untuk citra pink floyd, seperti tokoh tokoh dari the wall dan hak untuk album the final cut. dibawah kepemimpinan gilmour, band ini kembali dengan produser bob ezrin. richard wright yang pertama sebagai musisi bayaran pada album a momemntary lapse of reason.
kemudian menjadi personil secara resmi pada album the divison bell dan tur dunia yang dipromosikan oleh promotor lgendaris dari kanada michael coll. tur the divison bell memecahkan rekor untuk pendapatan semasa itu.


live 8
pada tanggal 2 juli 2005, pink floyd tampil di konser live 8 di london dengan roger waters, david gilmour, nick mason dan richard wright. reuni di atas panggung tersebut menghadirkan lagu-lagu "breath", "money", "wish you were here" dan " comfortably numb". ini adalah konser bersama mereka dalam 24 tahun terakhir bersama waters
di earl's court di london tahun 1981. sebelum" wish you were here", roger waters mengabadikan lagu itu kepada "semua orang yang tak dapat berada di sini terutama syd"
-Andrika Eko Sepratama

  • Share

Coming soon


\"industri musik boleh saja hancur, tapi musik takkan pernah mati. keep the diy spirit!%u201dkutipan yang saya tulis enam tahun yang lalu, bisa jadi masih tetap berlaku meski teknologi dalam industri musik berubah bentuk. %u201cthe diy (do it yourself) spirit%u201d ada.
Band read more..


Video

Previous
Next