Harapan Baru pada hari musik nasioanal 2014

Ada yang berbeda pada perayaan hari musik nasional 2014 dibanding pada perayaan yang sebelumnya. yang menjadi pembeda dan membuat istimewa pada pagelaran kali ini yakni digelarnya musik etnik indonesia dari 34 perovinsi. yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 9 maret 2014 yang sekaligus betepatan dengan hari musik nasional.


event tersebut diperkrasai oleh Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) yang bekerjasama dengan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. hari musik nasional 2014 juga di sisi dengan diskusi tentang panel perderan album secara digtal. 

sejarah musik nasional diawali oleh dari insan musik yang memiliki tujuan agar masyarakat Indonesia lebih mengahargai karya musik yang dibuat oleh anak negeri, pengahargaan tersebut tak hanya sekedar dalam mengapresiasi sebuah karya dan membeli cd , tetapi juga menghargai pencipta lagu dengan tidak membajak karya cipta musik.

hari musik nasional pertama kali diresmikan oleh mantan Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri. dan sangat sering juga peringatan hari musik nasional di gelar dengan format pertunjukan orchestra.di istana negara. yang meanik adalah  pada tahun 203 lalu hari musik nasional secara resmi \'dihargai pemerintah\' melalui ditandantanganinya kepres hari musik nasionaloleh Presiden Susilo Bambang Yudhyono.

tanggal 9 maret dipilih sebagai hari musik nasional. karena bertepatan dengan lahirnya WR supratman \"pencipta lagu kebangsaan indonesia raya\" meskipun fisik album dalam bentuk kaset , cd atau belakangan juga kembali dproduksinya piringan hitam, seperti yang dilakukan Supermn Is Dead dan White Shoes And Couples Company. tetapi mendowload lagu secara gratisyang seharusnya memiliki nilaisecara materil adalah sebagai bentuk pelanggaran hak cpta.

terkait tentang isu dalam memerangi pembajakan di era digital dan social media. jika pada tahun 2005 saat fisik abum berupa cd dan kaset yang menjadi target pembajakan yang lebih mengarah ke memperbanyak jumlah tanpa seizin pencipta lagu dan produser. tetapi pada era social media arti pembajakan menjadi beda.

hal tersebut memiliki arti yang berbeda dikarenakan banyak musisi yang secara sengaja mengupload melalui sosial media seperti You tube, facebook, soundcloud atau mengumumkannya melalui twitter. seperti yang dilakukan group band indie KOIL.

group band ini malah memproduksi sejumlah cd rekamannya dan menyebarkan secara gratis kepada fans dan masyarakat luas. agar orang dapat menikmati karya terbaru yang berujung pada banyaknya kontrak manggung atau acara off air setalah lagu tersebut populer.

isu pembajakan era digital inilah yang mengharuskan pemerintah beserta dpr kembali keruang sidang. untuk membahas perbaikan / revisi / amandemen UU Hak cipta RI. yang dirasa sudah cukup teringgal jaman dan tekhnologi industri musik.

karena itulah. hari musik nasional 2014 memiliki makna ang istimewa jika menunjuk pada fakta bahwa fisik album rekaman sudah menurun secara drastis. para pekerja seni belum mampu menyerap tantangan kedepan dalam memarkan karya yang dibuat melalui teknologi baru. seperti menjualnya melalui I Tunes atau masih berharap dari penjualan RBT.

yang menarik dicatat adalah munculnya kenyataan, beberapa seniman music indie lebih  survive dalam memauki pasar musik digital. band band yang memii fans loyal, fanatik dan membina fans melalui komunitas yang solid semacam slank, iwan fals, gigi, The S.I.G.I.T, koil, Efek Rumah Kaca,.

para musisi indonesia masih menjadi tuan di negerinya sendiri seperti beberapa musisi yang masih terikat dengan major label seperti noah, KD, bahkan Agnes monica  tetap memiliki harga jual yang tinggi sementara yang indie pun juga bisa survive.

- Ahmad Rizky




 

.

  • Share
Tags

Coming soon


\"industri musik boleh saja hancur, tapi musik takkan pernah mati. keep the diy spirit!%u201dkutipan yang saya tulis enam tahun yang lalu, bisa jadi masih tetap berlaku meski teknologi dalam industri musik berubah bentuk. %u201cthe diy (do it yourself) spirit%u201d ada.
Band read more..


Video

Previous
Next